Header Ads

Breaking News
recent

WL toys V911 - RC Heli 4 Channel Untuk Pemula


Halooo......Aeromodellers, apakah Anda ingin tau lebih jauh mengenai WL toys V911?

Yups, saya akan memulainya dari pengalaman pribadi saya, suatu ketika  saat kecil saya sudah membaca majalah tentang aeronautika milik ayah saya, sejak saat itu sangat terobsesi dengan dunia penerbangan. Ok kita persingkat ceritanya...awal tahun 2009, saya jalan dan mampir di sebuah toserba dan didalamnya ada menjual heli rc 2 channel, wow...gairah saya sangat besar untuk membeli dan mencobanya, sampai di rumah langsung saya coba terbangkan. Ya, heli tersebut crash berkali kali....sampai mampu saya terbangkan naik dan turun, yups masalahnya heli itu hanya 2 channel, tidak terlalu sulit menguasainya....hehehe.




Setelah itu saya mulai terobsesi dengan dunia rc helicopter, saya ingin yang lebih besar, dan saya melakukan hal yang banyak dilakukan oleh  orang - orang di luar sana, coba tebak : Saya membeli Heli  rc 6 channel size 450 yaitu Esky Belt CP, dan benar benar merupakan sesuatu.....Besar, Berisik, Menarik dan.......Salah!



Setelah mulai membaca dan mengikuti berbagai macam forum tentang heli rc, saya menyadari bahwa telah melompati tahapan terlalu lebar untuk memulai hobby ini, tapi banyak juga yang mengatakan tidak ada salahnya memulai langsung dari heli size 450, jadi anggapan salah tadi saya kubur dalam - dalam di benak saya, dan memulai berlatih dan berusaha, tetapi cost nya terlau mahal buat saya yang benar benar pemula dan belajar sendiri tanpa pendamping pilot heli rc senior. Walaupun akhirnya saya mampu menerbangkan dan menguasai beberapa manuver tapi harus dibayar dengan cost crash yang tinggi dan duduk untuk waktu yang cukup panjang di depan rc simulator.



Sampai akhirnya beberapa tahun kemudian ada beberapa teman bertemu saya dan  ingin belajar menerbangkan rc heli. Saya menyarankan untuk memulai dari yang paling mudah  3,5 Ch, 4 Ch, 6 Ch dan seterusnya...sebelum ke 6 channel saya menyarankan V 911, (berdasarkan pengalaman pribadi...posisi terbalik, baru kenal V911 setelah bisa terbang heli..hehehe), coba tebak, mereka berhasil! Bahkan lebih cepat  dari saya dalam menguasai menerbangkan rc heli, dan seharusnya ini menjadi pembelajaran bagi semua.    





Ok guys, buat anda yang ingin memulai hobby ini dengan mahal, boleh saja anda langsung lompat ke heli 6 channel, tetapi saya tidak merekomendasikan. Sebaiknya anda mulai dari heli yang lebih mudah, sehingga kurva belajar anda akan aman. Heli V911 atau Heli 4 Channel lainnya adalah cara yang baik untuk memulai. Dengan ukurannya yang kecil, baik untuk latihan indoor, bobotnya yang ringan dan kuat juga mampu menekan cost crash, kalau terjadi sesuatu atau lost orientasi saat terbang tinggal tutup throtle saja dan biasanya heli masih aman untuk diterbangkan lagi. Bayangkan ketika anda harus mulai dengan heli 6 channel 450 class, ketika crash, dapat dipastikan anda harus merogoh kantong untuk membeli part yang rusak. Hal ini akan membuat anda frustasi dan bahkan jauh dari pemahaman pembelajaran, kecuali anda benar -benar punya banyak waktu luang untuk duduk di depan rc simulator. 



Sebagai masukan, sebaiknya ketika anda memulai dengan heli V911, anda harus menyiapkan part cadangan yaitu blades dan flybar, karena kedua part itu saja yang biasanya rusak ketika anda sudah mengalami berkali kali crash, dan itupun sangat mudah menggantinya. Untuk frame, servo dan part part lainnya, sejauh pengalaman saya membantu teman -teman untuk belajar menerbangkan heli rc, justru tidak ada masalah sama sekali. Sebaiknya menerbangkan heli ini di ruang tertutup/indoor, seperti di dalam aula atau garasi rumah anda, atau bahkan bisa juga di kamar anda. Heli ini tidak direkomendasikan untuk terbang luar ruangan/outdoor karena  kondisi angin akan sangat mempengaruhi  heli ini (kecuali anda terbang di luar ruangan tanpa ada angin). Dengan heli ini anda dapat belajar meningkatkan kemampuan hovering, orientasi dan terbang dengan manuver kecil di kamar anda. Setelah anda menguasai kemampuan dasar menerbangkan heli pada Heli RC 4 Channel, tidak akan sulit untuk melanjutkan baik manuver dan gerakan tingkat lanjut pada heli 6 Channel.



Untuk menghapus keraguan anda terhadap heli V 911, sebenarnya heli ini adalah tiruan atau kloning dari heli merk terkenal yaitu T-REX 100 yang harganya tentunya jauh lebih mahal. Kalau anda perhatikan keduanya memiliki banyak kemiripan yang sangat mencolok. 

Berikut adalah spesifikasi heli V 911 :
1). Main Rotor Diameter: 192 mm
2). Tail Rotor Diameter: 36 mm
3). Overall Length: 220 mm
4). Height: 82 mm
5). All Up Weight: 32g
6). Battery: 3.7V Li-Po


Bagaimana, anda berminat untuk mencobanya? coba cek disini
Anda juga bisa langsung dapat memesan  sparepart yang saya rekomendasikan disini


Ok Aeromodellers, sekian dulu postingan saya kali ini, kalau ada pertanyaan atau saran dan masukan silahkan corat-coret di kolom komentar di bawah ya, let's fly...see you soon guys....Salam Aeromodelling!

No comments:

Tanjungpinang Aeroclub. Powered by Blogger.